Senin, 11 April 2016

Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan




Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari saja. Kedatangan bulan Ramadhan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh para umat muslim diseluruh dunia. Nah.. ternyata di Indonesia, kedatangan Bulan Suci Ramadhan disambut dan diwujudkan dengan cara yang bermacam-macam. Berikut adalah 5 tradisi unik dalam menyambut Ramadhan di berbagai daerah, di Indonesia.

1.Meugang – Nanggroe Aceh Darussalam
 
                        Kegiatan ini diadakan umumnya dua hari menjelang Ramadhan tiba. Pada hari itu, semua keluarga dekat berkumpul di rumah orang tua sembari menikmati masakan daging yang disediakan. Biasanya, anak dan cucu pulang ke rumah orang tua di hari Meugang seperti ini. Selain makan bersama, kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai sarana silahturahmi antar keluarga. Apalagi, anggota keluarga yang jauh pun turut hadir bersama. Biasanya, makanan yang disajikan berbahan  dasar daging sapi.

2. Nyorog – Jakarta 
Nyorog merupakan kebiasaan yang dilakukan menjelang Ramadhan oleh masyarakat Betawi. Bentuk kegiatannya saling mengantar bingkisan untuk orang-orang yang dikasihi. Isi bingkisan macam-macam, bisa berupa makanan mentah atau makanan matang. Tujuanya dari tradisi ini untuk mempererat silahturami antar anggota keluarga dan kerabat terdekat. Namun karena semakin terpinggirkannya masyarakat Betawi di Jakarta, secara tidak langsung membuat tradisi ini juga turut terpinggirkan.

3. Balimau - Sumatera Barat
 
Baliamau berarti berlimau dalam bahasa Indonesia. Menjelang Ramadhan, setiap orang mandi dan keramas, baik sendiri-sendiri maupun beramai-ramai. Pada awalnya, orang Minang menggunakan limau untuk mencuci rambutnya. Meskipun saat ini mereka tak lagi menggunakan limau, tradisi ini tetap dikenal sebagai Belimau. Kegiatan ini bermakna untuk mensucikan diri menyambut bulan Ramadhan.

4. Munggahan – Jawa Barat
 
Secara bahasa, Munggahan berarti naik. Maksut naik disini adalah naik menuju bulan yang lebih tinggi, yaitu bulan Ramadhan. Munggahan diisi dengan kegiatan berkumpul kemudian makan bersama. Dengan tujuan bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga, kerabat, dan sanak famili sebelum bulan Ramadhan tiba.

5. Ruwahan – JawaTengah dan DIY
 
Ruwahan adalah acara yang dilakukan menjelang bulan puasa dengan menggelar acara makan bersama-sama dengan kue apem. Selain sebagai ajang silaturahim, acara makan apem bersama ini juga sebagai ajang untuk bermaaf-maafan atas seluruh kesalahan dan dosa.

Dan masih banyak lagi tradisi-tradisi unik di Indonesia dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. Yang pasti kita sebagai masyrakat yang peduli akan budaya, kita harus tetap menjaga tradisi-tradisi yang diwarisi oleh nenek moyang kita supaya tidak tergerus oleh jaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar