Sabtu, 30 April 2016

Kisah Ngirit Gue, Kala Tanggal Tua Melanda





“Tanggal Tua”.. loe pasti udah gak asing lah ya dengan nama itu. Bahkan sebagian dari kalian mungkin menganggap bahwa tanggal tua itu adalah ketakutan tersendiri yang pasti muncul di akhir bulan. Sama halnya dengan gue, tanggal tua itu bak tagihan per bulan dari bank.  Yang mana gue harus ngeluarin pengeluaran lebih disaat tanggal tua. Ditambah gue saat ini yang masih berstatus sebagai mahasiswa... nah bisa ngebayangin kan gimana jadinya kalo tanggal tua melanda gue? Haha

Masih harus bayar kos, bayar tagihan kampus per bulan, uang makan sehari-hari selama satu bulan, belum lagi kalo ada pengeluaran tambahan buat tugas-tugas kuliah dan kebutuhan lain-lain gue. Ya tahu sendirilah ya, kebutuhan anak kos itu seperti apa :D

Beli sabun lah, pasta gigi lah, make-up lah, dan lain-lain. Masih ketambahan kalo misal gue pengen apa-apa.. ya kaya baju, sepatu, tas, jilbab, dan aneka kebutuhan yang gak gue duga. Haha.. tau sendirilah lah ya gimana kebutuhan dan keinginan cewek tuh kaya apa :D pasti ada aja yang pengen dibeli.

Jatah uang per bulan dari orang tua dan hasil kerja sampingan gue kadang belum cukup untuk menuhi semua kebutuhan gue itu. Dari orang tua, gue cuma di jatah uang kos aja, dan itu hanya 200rb per bulan buat jatah kos. Sedang buat jatah SPP kuliah per bulan, gue di kasih sama abang gue.. yang paling baik hati sedunia :P (lebay). Dan.. untuk kebutuhan yang lain-lain itu tugas gue,  alias semua kebutuhan yang di luar kos sama tagihan kuliah, gue sendiri yang tanggung. Dimana ya hasil kerja gue selama ini, ya buat kebutuhan sehari-hari  gue itu. Sampai laptop buntut yang buat nulis cerita ini, gue sendiri yang beli dari hasil gue kerja selama satu tahun lebih ini. Ya walaupun udah second sih, hoho..  Ngenes banget kan :D

Tahu sendiri gimana kehidupan di kota itu kaya apa, terlebih hidup di Kota Solo ini. Beda kalo hidup di desa... Kalo hidup di desa mah apa-apa masih bisa di kontrol.. apa-apa masih murah, kadang malah ada yang gratis, wkwkwk.

Nah... untuk mensiasati tanggal tua di akhir bulan, gue berusaha untuk ngirit, terutama nge-handle buat keinginan-keinginan gue yang gak jelas. Dan sedikit berusaha mengurangi anggaran buat makan sehari-hari.  Ya dengan, gue masak beras sendiri lauk sendiri atau gak kalo emang lagi males buat masak lauk, ya gue beli di warung-warung deket kos gue.. Kalo dirata-rata sih yang paling gue sehari cuma habis 5rb buat makan (kalo lebih sih paling dikit).

Dan ada satu kegiatan yang gak boleh gue lupain. Dan itu pasti rutin gue lakuin kalo pas di akhir bulan, kaya bulan ini. Yakni mencatat semua pengeluaran gue :D

Yuppss.. betul banget. Agenda rutin gue, kalo pas tanggal tua di akhir bulan ya kagak saat ini, adalah gue nyatet semua pengeluaran gue. Yaa.. semua. Jadi apa pun jenis pengeluaran itu tiap hari gue catet.. entah itu makan, kebutuhan gue buat kuliah, shoping, atau pengeluaran lainnya.

Tujuan kenapa gue catet semua pengeluaran gue tiap bulan, itu tak lain dan tak bukan supaya gue tahu berapa besar  pengeluaran gue tiap bulan, dan itu buat apa aja. Jadi dengan begitu gue bisa sedikit menghemat tiap bulannya.. hehe (rajin bener tiap bulan nulis pengeluaran :D)

Itu juga bisa kok jadi salah satu tips buat loe, supaya loe bisa sedikit menghemat tiap bulannya. Jadi loe bisa tahu mana aja pengeluaran yang penting dan gak, buat loe keluarin nantinya. Bisa mengkoreksi dari catatan yang udah loe buat di tiap bulannya.

Mungkin tips yang lain, yang bisa loe lakuin biar loe bisa ngehemat, ya loe harus ngeluarin pengeluaran yang loe butuhin aja. Jangan yang jadi keinginan loe.. biar loe gak kelabakan alias bokek di tanggal tua :D haha. Ya boleh sih.. misal kalo mau shoping, atau beli barang-barang buat kebutuhan sehari-hari loe. Tapi gue saranin beli yang murah-murah aja ya, supaya loe bisa ngirit :P

Salah satunya loe bisa beli Matahari Mall, secara loe tahu sendiri kalo disitu loe bisa dapetin barang-barang yang lebih murah dari biasanya. Apa lagi kalo di tanggal tua kaya saat ini, pas banget kalo loe beli di Matahari Mall. Karena disitu lagi ngadain diskon besar-besaran di akhir bulan ini. Mulai dari gadget & barang-barang elektronik, segala jenis fashion pria dan wanita, make-up, peralatan rumah tangga, buku (mulai dari anak-anak hingga dewasa), dll. Pokoknya lengkap deh kalo di Matahari Mall.

Mungkin itu sedikit kisah dari gue di tanggal tua, kaya tanggal ini.. hehe. Semoga kisah ini bisa bermanfaat buat loe, yang lagi berusaha ngirit di tanggal tua ini :D
Syukur-syukur bisa jadi inspirasi :) (ngarep).


Dan jangan lupa buat nonton video #JadilahSepertiBudi di channel youtube ya... supaya loe juga bisa lebih ngirit seperti Budi... haha. Dijamin loe bakal terinspirasi deh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar