Sabtu, 06 Februari 2016

ACTION SCRIPT FRAME PADA MACROMEDIA FLAS 8




Disini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai bagaimana dalam membuat atau memberi action script frame pada Macromedia Flash 8, dari mata kuliah Aplikasi 3 yang saya dapat selama semester 3 ini. Berikut langkah-langkahnya :)
1.      Pertama buatlah 3 layer, yakni action, tombol, bola, dan background. Lalu pada layer background kalian bisa menggantinya dengan sebuah gambar, yakni dengan cara Klik File > Import > Import to Library  > pilih file mana yang akan kalian masukan. Setelah itu kalian drag ke background dan sesuaikan dengan ukuran background yg ada.



2.      Setelah background selesai kalian membuat bagian tombol dengan dengan Rectangle Tools. Setelah membuat tombol yg diinginkan kalian rubah menjadi simbol. Carannya Klik Kanan tombol  > Convert to Simbol > Pilih Button > OK. Kemudian ubah semua tombol menjadi simbol, dengan cara yg sama. 



3.      Langkah  ketiga, kita membuat bola yg bergerak sebagai obyek yang akan kita gunakan untuk percobaan Action Sript Frame. Dengan menggunakan Oval Tools.




4.      Setelah bola jadi, buat efek Motion Tween pada bola agar bola bergerak. Dengan cara: Klik kanan pada frame 1 > Pilih Create Motion Tween


Klik kanan Pada frame 10 > Insert Keyframe > Lalu pindah bola sesuai keinginan kamu. Lakukan untuk seterusnya seperti langkah diatas, agar bola menjadi bergerak kemana-mana.


5.      Langkah berikutnya pada setiap tombol beri Action Script. Dengan cara KlikKanan > Action atau tekan saja F9. Lalu masukan script seperti di bawah ini.
Tombol Play:
on(release)
                  {
                   play();
                  }
Tombol Stop:
on(release)
                  {
                   stop();
                  }
Tombol Stop:
on(release)
                  {
                   stop();
                  }
Tombol Next:
on(release)
                  {
                   nextFrame();
                  }
Tombol Preview:
on(release)
                  {
                   previewFrame();
                  }



6.      Masukan script Stop pada layer ‘action’ agar pada saat program dijalankan berhenti.  Tuliskan saja stop(); pada kotak action
7.      Dan langkah terakhir jalankan atau Run (CTRL+ENTER) program


Selesai!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar