Rabu, 27 Januari 2016

TUTOTIAL MENYISIPKAN VIDEO MELALUI MACROMEDIA FLASH 8



1.      Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat satu folder untuk membuat Video ini. Karena jika tidak dalam satu folder maka program tidak akan bisa berjalan. Ini sangat peting lho.. video yg nanti akan kita sisipkan juga harus dalam satu folder juga.

2.      Langkah kedua Buat 3 layer. Yakni ‘background’, ‘action’, dan ‘tombol’.



3.      Buatlah tombol menggunakan Rectangel Tool (Ctrl R). Disini saya membuat 3 tombol, yaitu tombol Animasi1, tombol Animasi2, dan tombol Quit untuk keluar dari aplikasi.


4.      Lalu ubah tombol menjadi Symbol, dengan cara tekan F8atau klik kanan pilih Convert to Symbol, pilih Button. Ubah semua tombol menjadi Simbol. Ini bertujuan agar nanti dapat di isi Action.
 

5.      Setelah itu buatlah background menjadi seperti berikut, dengan cara pilih warna background sesuai yg kamu inginkan.


6.      Simpan flash document dengan nama “tombol” dalam folder yang sudah kita buat tadi.

7.      Langkah selanjutnya buat Document baru, untuk memasukan video.


8.      Click Window à pilih Component untuk memunculkan kotak Component yg nantinya kita akan memillih jenis video yg akan kita masukan. Seperti pada gambar berikut.


Kita pilih FLVPlayBack, karena jenis video yg akan kita masukan berjenis flv.
9.      Selanjutnya drag FLVPlayBack ke dalam background. Seperti pada gambar berikut.


10.  Klik menu Parameter à lalu pilih ContentPath untuk memasukan video kita. Cari dimana letak video kita. Yang pasti berada pada satu folder yg kita buat tadi. Lalu kemudian OK.


11.  Simpan video dengan nama “video_animasi1”.

12.  Buatlah Flash Document baru lagi, dengan langkah-langkah seperti yang diatas tadi. Karena video yg akan kita sisipkan ada 2 video. Lalu simpan dengan nama “video_animasi2”.


13.  Setelah kita buat semua flash tersebut. Langkah selanjutnya adalah menggabungkan semua flash tersebut mejadi satu.

14.  Kita kembali ke flash tombol. Untuk memasukan beberapa script action.


15.  Klik tombol Animasi1, lalu tekan F9 atau klik kanan à pilih Actions untuk memasukan script. Masukan script pada tombol Animasi1:
on (release)
            {
            loadMovieNum("video_animasi1.swf",1);
            }
Script tersebut berguna ketika kita klik pada tombol tersebut, maka akan langsung membuka video kita.
 Seperti pada gambar berikut.


16.  Lakukan juga pada tombol Animasi2, hanya saja pada script "video_animasi1.swf" di ganti menjadi "video_animasi2.swf" karena pada tombol Animasi2 berisi video yang kedua.

17.  Setelah tombol Animasi1 dan tombol Animasi2 sudah di isi. Sekarang giliaran tombol Quit, masukan script seperti di bawah ini:
on(release)
                        {
                        fscommand("quit");
                        }
Script tersebut bertujuan untuk keluar dari menu.
 


18.  Setelah semua flash jadi, dan tombol-tombol juga sudah di isi Action. Jangan lupa untuk menjalankan masing-masing flash (Run). Tekan CTRL + Enter


 Agar nanti ketika di jalankan, semua sudah saling berhubungan. Karena jika masing-masing dari flash tidak di Run sebelumnya, maka ketika program dijalankan tidak akan melanjutkan ke flash berikutnya. Hal ini sangat penting.. jadi jangan lupa yaa :D

19.  Finish..!! Dan program sudah bisa dijalankan :)
Eiitt... tapi jalaninnya lewat Windows Explorer yaa. hehe

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar