Rabu, 27 Januari 2016

TUTORIAL MEMASUKAN AUDIO FX / SOUND PADA MACROMEDIA FLASH 8



1.      Pertama buatlah 3 layer, ‘action’ ‘tombol’ dan ‘background’. Action untuk memberi action pada tiap bagian. Tombol untuk meletakan tombol. Dan background untuk membuat background. 

2.      Buat background menjadi seperti dibawah ini, dengan warna background abu-abu dengan menggunakan Background Color. Selain itu juga bisa menggunakan berbagai tool yang ada. Seperti Rectangle Tool, Oval Tool, Brush Tool. Lalu sesuaikan warna yang kamu suka menggunakan Fill Color. Atau juga bisa dengan Text Tool untuk memasukan text. Tapi jangan lupa, ini masuk pada layer background ya... jangan salah :D

3.      Sesi background selesai, sekarang giliran yang bagian tombol. Buatlah tombol beberapa tombol seperti dibawah ini menggunakan Oval Tool, setelah itu rubah tombol tersebut menjadi simbol. Dengan cara tekan F8  atau Klik kanan à Convert to Symbol, pilih Button lalu OK.
Begitu juga dengan semua tombol, dirubah menjadi simbol dengan cara yang sama.

4.      Pada tombol A beri nama, pada Properties bagian Button. Saya disini akan memberi nama ‘tombol_a’. Ini berguna untuk memanggil action sript nantinya.


5.      Sekarang bagaimana caranya untuk memasukan atau menyisipkan sound. Caranya Klik menu File à Import à pilih Import to Library. Seperti pada gambar di bawah ini.


Setelah itu pilih sound mana yang akan dimasukan ke dalam flash. Jika sudah berhasil maka akan muncul seperti dibawah ini.


Namun perlu diingat, terkadang ada beberapa jenis suara yang tidak bisa di import. Hal ini mungkin terjadi karena type suara yang tidak cocok, jadi harus dirubah dulu  menjadi .wav
6.      Setelah sound berhasil diimport, klik kanan sound tersebut lalu pilih Linkage.


Maka akan muncul seperti di bawah ini. Centang Export For ActionScript dan Export In First Frame. Lalu beri nama ‘vokal_a’.


7.      Lakukan pada semua sound seperti langkah yang diatas (di Linkage).
8.      Sekarang tinggal masukan Script Action-nya. Klik pada layer action lalu tekan F9. Isikan script action seperti di bawah ini:
var voc_a:Sound=new Sound()

voc_a.attachSound("vokal_a")

tombol_a.onRelease=function()
            {
             voc_a.start();
            }
Itu jika untuk suara “A” saja.. kalau untuk suara yg lainnya hanya tinggal merubah yg bagian variabelnya saja (voc_a).  Di sesuaikan juga pada Name Button-nya (tombol_a, tombol_i, tombol_u, dst)  dan Linkage-nya (vokal_a, vokal_i, vokal_u, dst). Ditaruh di bawahnya, sampai urutan tombol terkhir.. yakni “O”
Seperti gambar di bawah ini !


9.      Untuk memberi script action pada tombol ‘Keluar’ masukan script di bawah ini:
on(release)
                        {
                        fscommand("quit");
                        }
Setelah itu di Run ( Ctrl + Enter)
10.   Dan selesai.. :)
Program sudah bisa di jalankan dengan berbagai isian suara...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar